monggo

selamat datang di Neuron (Nursing CreativeGeneration)NISC 2011....:) :) :)

Rabu, 04 Januari 2012

materi tambahan psikologi ketahuidan dan hikmahnyaa


KETAUHIDAN DAN HIKMAHNYA BAGI KESEHATAN JIWA
A.      KESEHATAN MENTAL
ü  Mental mempunyai pengertian yang sama dengan jiwa,     nyawa, sukma, roh dan semangat
ü  Dalam pengertian yang luas kesehatan mental dapat diartikan sebagai terwujudnya keserasian yang sungguh-sungguh antara fungsi ¬fungsi kejiwaan dan terciptanya penyesuaian diri antara manusia dengan dirinya sendiri dan lingkungannya, berlandaskan keimanan serta bertujuan untuk mencapai hidup yang bermakna dan bahagia di dunia dan di akhirat.
B.      PANDANGAN AGAMA ISLAM DALAM KESEHATANN MENTAL
1.      Agama Islam memberikan tugas dan tujuan bagi hidup dan kehidupaa manusia di dunia dan akhirat dalam Al Qur'an disebutkan untuk beribadah kepada Allah. [QS. Adz Dzariyat (51): (56)]
2.      Ajaran Islam memberikan bantuan kejiwaan kepada manusia dalam menghadapi cobaan dan mengatasi kesulitan hidupnya, seperti dengan cara sabar dan shalat,dalam firman Allah SWT. [QS Al Baqarah (2):153].
3.      Ajaran islam membantu orang dalam menumbuhkn dan membina pribadinya, yakni melalui penghayatan nilai-nilai ketaqwaan dan keteladanan yang diberikan Nabi Muhammad SAW.
4.      Ajaran Islam memberikan tuntunan kepada akal agar benar dalam berpikir melalui bimbingan wahyu.
5.      Ajaran Islam beserta seluruh petunjuk yang ada yang ada di dalamnya merupakan obat bagi jiwa atau penyembuh segala penyakit hati yang terdapat dalam diri manusia (rohani).[QS. Yunus (10):57].
6.      Ajaran islam memberikan tuntunan bagi manusia dalam mengadakan hubungan yang baik, baik hubungan dengan diri sendiri, hubungan dengan uhan, hubungan dengan orang lain maupun hubungan dengan alam dan lingkungan.
7.      Agama islam berperan dalam mendorong orang untuk berbuat baik dan taat, serta mencegahnya dari berbuat jahat dan maksiat.
8.      Peran agama islam dapat membantu manusia dalam mengobati jiwanya dan mencegahnya dari gangguan kejiwaan serta membina kondisi kesehatan mental.

C.      KESEHATAN MENTAL DALAM AL-QUR’AN
Dalam Alquran terdapat ayat yang berkaitan dengan kesehatan mental  yang meliputi:
1.      Hubungan manusia dengan dirinya sendiri. Daam hubungan ini, manusia mengembangkan dan memanfaatkan potensinya dalam bentuk amr ma’ruf wa nahi munkar atau sebaliknya menghumbar hawa nafsu yang ada pada dirinya.(dalam QS al imran ;110)
2.      Hubungan manusia dengan manusia. Manusia mengembangkan dan memanfaatkan potensinya dalam bentuk menjalin persaudaraan atau alah sebaliknya.(dalam QS Al Fath29)
3.      Dengan sesama manusia dengan alam jagad raya. Dimana manusia memiliki kecenderungan untuk mengembangkan dan memanfaatkan potensinya dalam bentuk kelestarian dan memanfaatkan alam serta isinya atau sebaliknya merusak.(dalam QS Ar-Rum;41)
4.      Manusia dengan Allah. Manusia memiliki kecenderungan untuk mengembangkan dan memanfaatkan potensinya dalam bentuk beribadah kepada Allah atau sebaliknya mengingkari-Nya.(dalam QS Adz-Dzariyat:56)

D.     PENGERTIAN TAUHID
1.      Tauhid secara bahasa artinya adalah mengesakan. Sedangkan menurut istilah, tauhid adalah Mengesakan Allah dalam Uluhiyah, Rububiyah, Nama-Nama dan Sifat-Sifat-Nya.
2.      Dan tauhid merupakan perintah yang paling utama yang Allah wajibkan kepada segenap hamba-Nya.

E.      MANFAAT TAUHID
1.      Tauhid merupakan sebab paling utama terhapusnya dosa dan kesalahan
2.      Tauhid membebaskan seorang hamba dari perbudakan makhluk dan ketergantungan, ketakutan dan kepasrahan terhadap mereka serta beramal untuk mereka
3.      Tauhid merupakan satu-satunya sebab untuk mengggapai ridho Allah Ta’ala, cinta dan pahala-Nya
4.      Tauhid yang telah tertanam mantap dalam hati seseorang hamba akan meringankannya dari segala kesulitan, musibah, kepedihan dan kesedihannya

F.       HIKMAH SHOLAT DALAM KEHIDUPAN UMAT
Shalat merupakan benteng hidup kita agar jangan sampai terjerumus ke dalam perbuatan keji dan munkar. Hal ini tampak jelas dalam firman Allah SWT : "Sesungguhnya shalat itu mencegah dari (perbuatan-perbuatan) keji dan munkar" (QS. Al Ankabut 45) .
Shalat yang khusu’ mewujudkan suatu ibadah yang benar-benar ikhlas, pasrah terhadap zat Yang Maha       Suci dan Maha Mulia. Disamping itu shalat juga membersihkan jiwa dari sifat-sifat yang buruk, khususnya cara-cara hidup yang materialis yang menjadikan urusan duniawi lebih penting dari segala-galanya       termasuk ibadah kepada Allah.

Manfaat gerakan-gerakan shalat:
1.      Takbiratul Ihram
Gerakan ini melancarkan aliran darah, getah bening (limfe) dan kekuatan otot lengan.
2.      Rukuk
Menjaga kesempurnaan posisi dan fungsi tulang belakang (corpus vertebrae) sebagai penyangga tubuh dan pusat saraf.
3.      I’tidal
Gerak berdiri bungkuk berdiri sujud merupakan latihan pencernaan yang baik. Organ-organ pencernaan di dalam perut mengalami pemijatan dan pelonggaran secara bergantian.
4.      Sujud
Aliran getah bening dipompa ke bagian leher dan ketiak. Posisi jantung di atas otak menyebabkan darah kaya oksigen bisa mengalir maksimal ke otak.
5.      Duduk
Saat iftirosy, kita bertumpu pada pangkal paha yang terhubung dengan saraf nervus ischiadius, menghindari nyeri dan mencegah impotensi.
6.      Salam
Relaksasi otot sekitar leher dan kepala menyempurnakan aliran darah di kepala.
7.      Pacu Kecerdasan
Sujud yang tumakninah dan kontinyu dapat memacu kecerdasan. Risetnya telah mendapat pengakuan dari Hervard University, AS.

G.     PENGARUH MEKANISME PUASA TERHADAP KESEHATAN JASMANI
1.      Memberikan kesempatan istirahat kepada alat pencernaan
2.      Membersihkan tubuh dari racun dan kotoran (detoksifikasi).
3.      Menambah jumlah sel darah putih
4.      Memperbaiki fungsi hormon
5.      Meremajakan sel-sel tubuh
6.      Meningkatkan fungsi organ tubuh
7.      Menyeimbangkan saraf simpatis dan parasimpatis
8.      Mengurangi risiko stroke

Tidak ada komentar:

Posting Komentar